Warga Loru Tolak Proyek Pembukaan Jalan

Dianggap Belum Ada Sosialisasi Ganti Rugi Lahan

Sigi,- Sejumlah warga di Desa Loru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, menghadang alat berat yang akan mengerjakan proyek pembukaan jalan baru yang ada di desa itu. Kondisi itu menyebabkan pengerjaan batal dilakukan.

Herman, tokoh pemuda warga setempat mengatakan, pembukaan jalan sepanjang 1 kilometer itu tanpa sepengetahuan pemilik lahan. Sehingga warga pemilik lahan yang terkena pembukaan jalan itu merasa keberatan.

“Mereka tidak tahu kalau lahannya masuk dalam pembukaan jalan ini, sudah pasti warga merasa keberatan,” terangnya.

Setidaknya, kata dia, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat melakukan sosialisasi pada warga. Sehingga, warga memahami tujuan pembukaan jaln itu, apakah ada ganti rugi atau tidak dan warga tidak merasa dirugikan serta menyimpan pertanyaan besar pada Pemdes.

“Apapun itu, apalagi terkait dengan masyarakat, harus ada sosialisasi sehingga masyarakat juga merasa memiliki andil karena terlibat dalam kepentingan desa,” katanya.

Terkait persoalan itu, Kades Loru, Syahrin Maradjati membantah bila pihaknya tidak melakukan sosialisasi dalam pembukan jalan tersebut. Sebab, jauh sebelumnya dirinya telah melakukan sosialisasi bersma sembilan warga pemilik lahan untuk pembukaan jalan itu.

“Tidak benar kalau Pemdes tidak melakukan sosialisasi dan sosialisasi ini sudah beberapa kali dilakukan, tanda tangan setiap pertemuan ada semua sembilan orang itu, dan pembukaan jalan ini untuk kepentingan warga bukan siapa-siapa,” tegasnya.

Dirinya mengakui, ada satu orang warga yang bersal dari Kota Palu, dan dalam pembukaan lahan itu tidak menginginkan lahannya untuk dilalui. Pihaknya menghargai hal itu, akan tetapi Pemdes juga memiliki hak untuk kepentingan warganya dalam meningkatkan pembangunan desa, dan hal tersebut harus dipahami.

“Kita tidak ingin hanya satu orang menghambat kepentingan banyak warga, apalagi ada unsur kepentingan pribadi hal itu sangat tidak manusiawi, belum lagi dia hanya memiliki lahan dan bukan warga di desa ini, setidaknya dia memahami tujuan pembukaan jalan itu,” tegasnya.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: