Idealnya Pelanggan PDAM Donggala Dialihkan ke Palu

Palu – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palu, Isran Umar berharap, agar pelanggan PDAM Donggala sebaiknya dialihkan ke PDAM Kota Palu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu. Selain itu, juga karena PDAM Donggala beroperasi di wilayah Kota Palu.

Dia juga mengatakan, jika kondisi ini tetap berlangsung, maka minat investor untuk menanamkan modal dibidang penyediaan air bersih tidak akan meningkat. Karena sedikitnya pelanggan PDAM Kota Palu, akibat masih beroperasinya PDAM Donggala di wilayah Kota Palu. Menurut Isran, kondisi serupa juga akan terjadi pada PDAM Donggala, sebab jika ada investor yang ingin berinvestasi, tentu akan berpikir dua kali sebab pelanggan PDAM Donggala adalah warga Kota Palu. Untuk dia berharap, agar nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama tahun lalu, antara PDAM Kota Palu dan PDAM Donggala dapat segera dilaksanakan.

“Jika ini tidak dilakukan, Target PAD Kota Palu susah dicapai. Berdasarkan surat edaran menteri, 80 persen penduduk Kota Palu harus jadi pelanggan PDAM Kota Palu. Makanya pelanggan PDAM Donggala harus diambil alih PDAM Kota Palu. Kan masih banyak juga wilayah Kabupaten Donggala yang belum di garap,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, sungai yang masuk ke Kota Palu itu berasal dari dua daerah, Kabupaten Sigi dan Donggala. Jika selesai pekerjaan proyek air Gumbasa, maka masyarakat Kota Palu dan sekitarnya akan menikmati kelancaran air Sungai Gumbasa mampu mengahasilkan 600 liter/detik sedang dibangun, yang diperkirakan dapat digunakan pada Juli 2016.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: