Kepala Dinas ESDM Donggala Jadi Tersangka

Donggala – Setelah melakukan penyelidikan selama beberapa bulan. Akhirnya Kepolisian Resort Donggala menetapkan dua orang tersangka dalam kasus tambang galian C yang letaknya berada di wilayah Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala.

“Ya saat ini baru ada dua tersangka kami tetapkan, yaitu Direktur Perusahaan PT. Anisa Hj. Amri dan H. Syamsu Alam, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Donggala,” kata Yusuf, Kanit Tipikor, Polres Donggala saat dihubunggi melalui telefon, Rabu (22/7).

Dia menambahkan, sebelumnya Polres Donggala melakukan penggeledehan di Kantor Dinas ESDM dan menyita beberapa dokumen Izin Usaha pertambangan (IUP). Hal ini dilakukan berdasarkan laporan dan rekomendasi dari pihak DPRD Kabupaten Donggala.

“Beberapa waktu lalu, DPRD Donggala yang merekomendasikan agar Polres melakukan penyelidikan terhadap proses terbitnya IUP PT. Anisa milik Hj Amri yang diduga melewati beberapa prosedur,” tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam pengembangan mengungkap kasus tersebut, Polres Donggala telah memeriksa beberapa orang saksi dari Pemkab Donggala.

“Diantaranya Bupati Donggala Kasman Lassa, Sekretaris Kabupaten Donggala H.Aidil Nur, Kepala Dinas Perhubungan Tamrin Samauna, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Muzakir Ladoali, Kepala Dinas Kehutanan Anhar dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM),” ungkapnya.

Dia menambahkan, beberapa pejabat teras Pemkab Donggala diperiksa karena ada kaitannya sampai keluarnya IUP PT. Anisa. Dimana ada pejabat yang turut mengeluarkan rekomendasi. Contoh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) mengeluarkan surat rekomendasi izin lingkungan.

Lanjut dia, Polres Donggala saat ini terus mengembangkan proses penyidikan kasus ini tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru.

“Kami terus mengembangkan kasus ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Donggala AKP Laurens Haseleo dikonfirmasi terkait kasus ini belum memberikan keterangan.

“Mohon maaf saya lagi ada dengan keluarga,” ungkap Kasat Kasat Reskrim Polres Donggala AKP Laurens Haseleo, Rabu (22/7).(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: