Ratusan Anak Ikut Festival Perdamaian di Poso

Poso – Ratusan anak di Poso mengikuti Festival Anak Perdamaian. Kegiatan ini merupakan salah satu kamPanitia kegiatan, Lian Gogali mengatakan kegiatan ini digelar sebagai bentuk aksi perdamaian serta mengajak anak-anak dalam perjalanan buku Project Sophia untuk membangun persahabatan yang selanjutnya akan membangun perdamaian di wilayah Poso yang pernah terjadi konflik kemanusiaan.

“Yang jelas kegiatan ini bagaimana kami mengajari kepada anak tentang pentingya arti perdamaian,” kata Lian di sela-sela membuka acara Festival Anak Perdamaian, selasa (21/7) di Pamona.

Sedikitnya empat ratus anak dilibatkan dalam kegiatan festival anak perdamaian ini. Berbagai kegiatan dan lomba pun digelar untuk memeriahkan rangkaian Festival Anak Perdamaian.

Ratusan anak yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 26 desa di wilayah Poso hingga wilayah Pamona. Festival dipusatkan di lokasi Festival Danau Poso, di Kecamatan Pamona Utara.

Para peserta tak hanya berasal dari wilayah Poso dan Pamona, sejumlah anak yang mengikuti festival ini juga ada yang berasal dari kabupaten Morowali.

Sebelum festival dimulai, acara dibuka secara simboli dengan melibatkan 10 orang anak yang membentangkan pamflet menolak kekerasan dan mendukung perdamaian antar umat beragama, serta menampilkan yel-yel perdamaian.

Dalam festival ini digelar berbagai perlombaan permainan khusus anak, seperti permainan boys, engrang, kelom batok, main hadang, main bet dan melukis. Selain itu digelar pula pentas seni.

Kegiatan ini berlangsung hingga malam hari, dan sebagai puncak kegiatan dilakukan pembakaran api unggun sebagai acara penutupan.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: