Warga Berharap Perusahaan Prioritaskan Masyarakat Lokal

Bungku – PT Bintang Delapan Mineral (BDM), PT Sulawesi Mining Invesment (SMI), dan PT Morowali Sekuriti Servis (MSS) yang bernaung dibawah manajemen Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), bersama Muspika Bahodopi, mengakhiri rangkaian kegiatan safari Ramadan di Desa Le-le, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Senin (13/7).

Desa Le-le adalah desa kesembilan atau terakhir dilaksanakannya perjalanan safari Ramadan oleh manajemen IMIP bersama Muspika Bahodopi di 9 desa lingkar tambang. Sebelumnya telah melewati 8 desa yang dimulai dari Desa Fatufia pada Kamis pekan lalu. Di hari terakhir pelaksanaan safari Ramadan di Desa Le-le, Plt Direktur PT MSS Syahrul Abbas berkesempatan memberikan pengantar ceramah singkat di masjid.

Pada kesempatan itu, Syahrul menyampaikan beberapa hal mewakili pihak managemen perusahaan yang bernaung di bawah IMIP. Tak jauh berbeda dengan apa yang telah disampaikan pada safari Ramadan di desa-desa sebelumnya. Ia mengingatkan bahwa keberadaan perusahaan atau investor yang selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lingkar tambang, patut dipelihara sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Sang Pencipta.

Seluruh desa yang ada di wilayah lingkar tambang perusahaan di Kecamatan Bahodopi, akan menjadi desa yang berkembang pesat dengan pertumbuhan ekonomi meningkat tajam. Desa-desa pinggiran di wilayah Kecamatan Bahodopi, seperti Desa Le-le misalnya, dalam desain makro kawasan industri akan berubah wujud menjadi kota penyangga di masa mendatang. Begitu pun desa-desa pinggiran lainnya akan mengalami hal serupa.

“Kami mewakili pihak manajemen perusahaan IMIP, sangat mengharapkan dukungan dari bapak-bapak dan ibu-ibu warga masyarakat Desa Le-le khususnya. Karena apa yang sedang dibangun oleh perusahaan ini demi kebaikan kita bersama di masa yang akan datang. Pihak perusahaan akan tetap komitmen melaksanakan kewajibannya terhadap masyarakat,” ujar Syahrul.

Sementara, beberapa warga desa mengaku sangat bersyukur dengan adanya perusahaan tambang seperti PT BDM maupun PT SMI yang selama ini sudah dikenal masyarakat. Termasuk PT MSS yang mulai dikenal masyarakat. Menurut warga, keberadaan perusahaan tambang telah membuka peluang kerja bagi anak-anak mereka. Bahkan, usaha-usaha yang mereka buka semakin meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga.

Warga juga merasa bangga dengan dibangunnya pabrik ferronikel terbesar dunia di Bahodopi. Apalagi, belum lama ini telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warga menyadari, bahwa ke depan kehidupan sosial ekonomi yang mereka lakoni akan mengalami perubahan dengan adanya pabrik (smelter) tersebut. Namun, warga juga berharap, agar pihak perusahaan selalu mendekatkan diri dengan masyarakat, serta apa yang menjadi hak-hak masyarakat direalisasikan dan kewajiban perusahaan dilaksanakan.

“Sebagai warga masyarakat di lingkar tambang ini, kami sebenarnya mendukung dan merasa bersyukur dengan adanya perusahaan, apalagi pabrik terbesar di dunia dibangun di daerah kami ini. Kami hanya minta perhatikan dan prioritaskan masyarakat lokal sebagai karyawan, dan pihak perusahaan juga harus memberikan kesejahteraan ekonomi di desa kami. Kalau semua itu sudah terpenuhi, pasti perusahaan berjalan aman tanpa hambatan dari masyarakat,” kata warga kepada Metrosulawesi usai ibadah shalat Tarwih.

Sebelum ibadah salat tarawih berjamaah dilaksanakan, pihak perusahaan dari manajemen IMIP memberikan tiga buah bingkisan lebaran kepada pengurus Masjid Desa Le-le. Masing-masing diserahkan oleh Plt Direktur PT MSS Syahrul Abbas, Kapolsek Bahodopi Iptu Ahmad, dan Danramil Bungku Selatan, Bungku Pesisir, dan Bahodopi Kapten Inf Latara.

Seperti di desa-desa lainnya, safari ramadhan di hari terakhir di Desa Le-le itu, diawali dengan acara buka puasa bersama. Selanjutnya ibadah salat maghrib berjamaah, dan makan malam dengan nasi kotak yang dibagikan kepada warga. Setelah itu dilaksanakan ibadah salat Isya dan tarawih berjamaah yang dipimpin imam masjid Desa Le-le.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: