Mentan Canangkan Sulteng Jadi Lumbung Jagung Nasional

SIGI, – Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman mencanangkan Sulawesi Tengah menjadi lumbung jagung nasional. Dengan demikian, anggaran untuk pengembangan jagung akan semakin besar mengalir ke Sulawesi Tengah.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sigi. Sulawesi Tengah, Rabu (15/07/2015), usai melakukan panen perdana jagung di Desa Pulu Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Menurut Andi Amran Sulaiman menyatakan saat ini anggaran yang diserahkan ke Sulawesi Tengah mencapai Rp 800 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp300 miliar dengan areal seluas 80 ribu hektar. Sedangkan yang baru diolah seluas 46 ribu hektar dengan produksi mencapai 171 ribu ton.

Menteri berjanji bilamana produksi jagung terus mengalami peningkatan, dia tidak segan-segan memenuhi permintaan daerah penghasil. Tetapi bila target tidak tercapai, maka anggaran akan dinolkan.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola menyatakan dengan status sebagai lumbung jagung nasional memiliki tantangan dan peluang karena adanya reward dan punishment> Reward berupa penambahan anggaran bila berhasil, dan hukumannya bila gagal mencapai target/ anggaran menjadi nol.

“Awal Agustus, saya akan mengumpulkan seluruh bupati untuk memastikan lahan-lahan yang diperuntukkan bagi pengembangan tanaman jagung,” kata Longki Djanggola.(kabarselebes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: