Karyawan PT Cargill dan PT BAN Demo Tuntut THR

Karyawan RM Darisa Hasil Tunggu Mediasi

Palu, Metrosulawesi.com – Puluhan Karyawan PT Cargill Indonesia Cabang Palu bersama karyawan CV Darisa (Rumah Makan Darisa) dan karyawan PT Brata Adjie Nugraha (BAN) yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahterah Indonesia (KSBSI) Sulawesi Tengah mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulteng, Senin (13/7).

Korwil KSBSI Sulteng, Karlan kepada Metrosulawesi mengatakan, pihaknya mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja Sulteng untuk menuntut agar Dinas Tenaga Kerja memanggil pihak perusahaan, yakni PT Cargill Indonesia, PT BAN dan CV Darisa untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.

Karlan menyebutkan, sudah dua kali PT Cargill Indonesia lambat membayar THR. Tahun lalu juga lambat bayar. Itupun karena dipanggil Dinas Tenaga Kerja. Sekarang mereka ulangi lagi kejadian tahun lalu. Sedangkan, PT BAN dan CV Darisa sudah dipanggil, dan PT BAN mengakui besok (hari ini) mabyara bayar THR kepada karyawannya, kemudian CV Darisa sementara dimediasi.

“Kami tegaskan bahwa perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja. Kepada buruh-buruh perusahaan lain yang tidak menerima THR dari perusahaannya silakan melaporkan, KSBSI siap mendampingi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulteng, Joko Pranowo yang dikonfirmasi Metrosulawesi mengatakan, pihaknya siap membantu para pekerja untuk mendapatkan THR dari perusahaannya masing-masing.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran kepada semua perusahaan untuk membayar THR kepada pekerja. Seharusnya H-7 sudah memberikan THR kepada pekerja. Tetapi ini sudah H-4, masih ada juga perusahaan yang belum memberikan THR.

“Kami sudah memanggil pihak perusahaan, yakni PT BAN, PT Cargill Indonesia dan CV Darisa, agar segera memberikan THR kepada karyawannya. Kita usahakan sebelum lebaran harus selesai, agar semuanya lancar,” katanya sembari menambahkan, perusahaan itu sudah tau semua edaran itu, cuman terkadang pura-pura saja.ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: