Arus Mudik di Terminal Mamboro Mulai Meningkat

Palu, – Arus mudik Lebaran menggunakan jasa transportasi darat dari Palu menuju berbagai kota di dalam maupun luar Sulawesi Tengah di Terminal Induk Mamboro dalam beberapa hari ini mulai meningkat dari hari sebelumnya.

Kepala Terminal Induk Mamboro, Irfan, akhir pekan lalu, mengatakan para pemudik Lebaran yang diberangkatkan khusus dengan menggunakan bus Angkutan Kota Antarprovinsi (AKAP) tujuan Gorontalo, Manado dan Makassar dua hari belakangan menunujukkan peningkatan.

Sementara itu penumpang yang diberangkatkan dengan bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari Palu menuju beberapa kota di dalam Provinsi Sulawesi Tengah seperti ke Poso, Luwuk dan Tolitoli masih normal.

Puncak arus mudik Lebaran dengan menggunakan bus AKAP diperkirakan terjadi pada H-3 hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan puncak arus mudik Lebaran menggunakan AKDP biasanya terjadi pada H-2 dan H-1.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Palu, Ajenkris, menjamin kelancaran arus mudik Lebaran karena jauh sebelumnya pemerintah telah melakukan berbagai langkah persiapan.

Persiapan dimaksud antara lain menyiapkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

Berikutnya menguji kelaikan kendaraan dan juga mempersiapkan posko angkutan mudik lebaran di tiap terminal,pelabuhan dan bandara dengan bekerja sama instansi terkait seperti kepolisian dan PT Jasa Raharja.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: