Pintu Irigasi Desa Oloboju Tersumbat Akibat Banjir

Sigi,- Pintu air irigasi di desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, kabupaten Sigi tersumbat. Tersumbatnya pintu irigasi ini disebabkan banjir di Sungai Wuno yang membawa material pasir dan kayu dua hari lalu.

Salah seorang warga, Liusman (40) saat ditemui di lokasi pintu air Sungai Wuno, akhir pekan kemarin menceritakan saat terjadi banjir besar, air meluap hingga ke tebing sungai, material dan dahan ranting juga telah menyumbat gorong-gorong pintu air.

Selain itu, kata Liusman, lantai dasar pintu air sudah rusak, sehingga tekanan air tidak bisa menembus materiaal pasir dan kayu yang melintang di gorong-gorong saluran air.

“Di ujung gorong-gorong itu harus dikeruk dulu baru air bisa tembus, kemudian di atas pintu air juga harus digali, agar arus air tidak mengikis tebing sungai,” ujar Liusman.

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Sigi melalui dinas terkait dapat segera menurunkan alat berat, sebab jika tidak lekas diatasi, warga khawatir bibir sungai itu makin lama makin melebar dan pada akhirnya saluran irigasi itu makin dangkal.

Sementara itu, Kepala desa Oloboju Dewi menghimbau agar masyarakat di hulu Sungai jangan melakukan penebangan hutan sembarangan, sebab jika itu dilakukan warga di yang bermukim di bantaran sungai yang akan kena dampaknya.

“Kalau kita lihat material yang terbawa banyak potongan kayu atau ranting yang hanyut, tolong hentikan penebangan pohon, kita harus menjaga hutan agar tidak terjadi banjir besar,” kata Dewi.

Menurutnya, Sungai Wuno memang saat musim hujan sering terjadi banjir, tapi tidak separah kali ini. Jika pintu air tersebut rusak, pasti yang rugi masyarakat, untamya yang memanfaatkan saluran irigasi untuk mengairi sawah dan kebun di desa Watunonju, Bora, Maranata, Oloboju, Sidera, dan Soulowe.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: