pasca-banjir-jalan-di-bahodopi-bahayakan-pengendara

Bungku, – Pasca banjir kondisi Jalan Provinsi di wilayah Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali mengalami kerusakan akibat hujan yang mengguyur dan menyebabkan banjir selama dua hari.

Kerusakan badan jalan diantaranya terjadi di desa Lalampu, selain rusak, badan jalan juga tertimbun lumpur tanah merah bekas galian tambang.

Jalan di wilayah itu merupakan satu-satunya jalur darat yang menghubungkan antara Provinsi Sulawesi Tengah dengan Provinsi Sulawesi Tenggara. Menurut warga desa, di jalan tersebut kerapkali pengendara tergelincir karena kondisi jalannya licin dan berlumpur ketika musim hujan.

“Bagi pengendara yang melintasi jalan ini harus berhati-hati dan kurangi kecepatan, jangan sampai jatuh tergelincir. Jalan ini kalau sering tertimbun lumpur tambang seperti ini akan rusak jadinya,” kata seorang warga desa, Rabu (10/6).

Kondisi jalan seperti itu sangat rentan membahayakan keselamatan pengendara saat melintas. Menurut warga, gundukan bekas galian tambang yang letaknya cukup dekat dari badan jalan akan terus merembes dan membawa lumpur ke badan jalan ketika musim hujan.

Warga menyebutkan, hal itu bisa saja dicegah jika pemerintah terkait segera mengambil tindakan. Jika di sepanjang tepi jalan tersebut dibuat tanggul penahan dan saluran drainase, kondisi jalan tersebut diyakini warga tidak akan separah ini.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: