Desa Bahomakmur, Morowali Diterjang Bandang

MOROWALI – Desa Bahomakmur yang terletak tepat di sekitar kawasan perusahaan tambang PT. Bintang Delapan Mineral (BDM) yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo, diterjang banjir bandang, Senin (8/6/2015).
Informasi yang berhasil dikumpulkan, ratusan rumah warga terendam dan sedikitnya empat rumah warga hanyut dibawa banjir dari luapan sungai Bahomakmur. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apakah ada korban jiwa dari banjir besar tersebut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat belum berhasil dikornfirmasi.
Walau demikian, dari foto yang dirilis oleh warga pada peristiwa itu, tampak terjangan banjir tersebut memenuhi areal yang demikian luas, merendam rumah-rumah warga. Ketinggian air diperkirakan antara 1 hingga 2 meter.
Banjir tersebut adalah yang kedua kalinya terjadi setelah 2012 lalu juga terjadi banjir sejenis dan merusakkan lahan sawah dan perkebunan warga.
Belum bisa dipastikan apakah banjir tersebut adalah akibat dari aktivitas PT. BDM yang mengelola pertambangan nikel di hulu sungai tersebut(bp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: