Cemari Air Bersih, Warga Protes Perusahaan Sawit

TOLITOLI,  – Ratusan masyarakat yang menamakan dirinya Masyarakat Silondou Kecamatan Basidondo berunjuk rasa ke DPRD Tolitoli meminta agar PT Total Energi Nusantara (TEN), anak perusahaan dari Citra Mulia Perkasa (CMP) dihentikan.

Koordinator aksi Irwan mengatakan, pihaknya bersama masyarkat Silondou sudah dua kali mendatangi gedung wakil rakyat tersebut, meminta agar menutup segala aktivitas perkebunan sawit yang dilakukan PT TEN yang sudah membuat sejumlah warga di Desa Silondou resah terkait tercemarnya sumber air minum masyarakat yang ada di desa setempat.

“Kami bersama masyarkat kedua kalinya mendatangi gedung wakil rakyat ini sebagai bentuk solidaritas terhadap sumber air warga yang sudah tercemar oleh aktivitas perkebunan sawit,’’ ujar Irwan di hadapan Bupati, sejumlah anggota DPRD, Kapolres, Kasdim 1305/BT, Kamis (04/6).

Dia menambahkan, selama beroperasinya PT TEN di Desa Silondou, sangat disayangkan terjadinya pembiaran oleh perusahaan tersebut yang seolah-olah menutup mata dengan sumber air minum warga di Silondou sehingga dampak negatif yang timbul dengan tercemarnya sumber air minum warga setempat.

“Saya selaku perwakilan masyarakat Silondou meminta kepada DPRD Tolitoli untuk mengeluarkan rekomendasi serta menindaklanjuti keuhan masyarakat dengan meminta penghentian beroperasinya kelapa sawit di Silondou yang dilakukan PT TEN tersebut,’’katanya.

Namun di balik unjur rasa tersebut, kehadiran sejumlah anak dibawah umur sangat disayangkan  dengan mengikutkan mereka untuk turun melakukan aksi unjuk rasa, dikarenakan tidak dibenarkan anak dibawah umur diikutkan dalam unjuk rasa.

Pengunjuk rasa diterima langsung Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan, Kapolres Tolitoli AKBP Christ Reinhard Pusung, Kasdim 1305/BT Mayor (Inf) Sinjo S Tumiwa serta Wakil Ketua DPRD Tolitoli Ir Nursidah K Bantilan dan sejumlah anggota DPRD(KABARSELEBES)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: