Terminal Tambuli Segera Beroperasi

Sigi,  – Pekan ini terminal Tambuli yang terletak di antara Jalan Tambuli desa Lolu dan Jalan Lando desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, akan segera difungsikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sigi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sigi, Surya Indragni saat ditemui di kantornya belum lama ini mengatakan, dalam minggu ini terminal Tambuli sebagai starting poin semua trayek angkutan yang ada di Sigi akan diluncurkan, terutama trayek angkutan pedesaan Tambuli-Pakuli  dan Tambuli-Palolo.

“Baru  sekitar 12 angkutan yang mengurus ijin trayeknya, untuk lebih detailnya nanti tanya kepala managemen angkutan, pak Tion ya,” ujar Surya.

Menurutnya, peluncuran trayek dan pengoperasian terminal Tambuli akan dilakukan secara sederhana, yakni usai apel upacara bendera yang tiap hari Senin rutin dilakukan di Kantor Bupati Sigi di desa Bora.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Managemen Angkutan Nasution menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyusun perencanaan penataan  trayek angkutan, baik angkutan kota, maupun angkutan pedesaan.

“Kita mau mengatur angkutan pedesaan dulu, dari 32 angkutan yang terdata, baru 12 angkutan yang lengkap memenuhi ijin trayek Tambuli-Palolo  dan Tambuli-Pakuli. Kita belum adakan yang baru, yang sudah ada dulu diatur,” ujarnya.

Setelah trayek angkutan pedesaan yang diperuntukan melayani angkutan barang selesai tertata, pihaknya juga telah merencanakan penataan angkutan  penumpang yang trayeknya Tambuli-Palolo sampai perbatasan Napu dan Tambuli-Gimpu di Kecamatan Kulawi. Sementara  untuk trayek Palu-Bangga, Ia menyebutkan akan melihat perkembangannya,

“Karena itu urusan provinsi,” terangnya.

Mendengar terminal Tambuli mau difungsikan, salah seorang warga Kalukubula, Muhamad Rum (44) yang tinggal di seputaran lokasi terminal merasa senang, sebab aktifitas ekonomi di sekitar terminal menurutnya akan ramai, sehingga menambah penghasilan bagi warga setempat.

Ia menyarankan ke Dinas terkait, sebaiknya sebelum terminal difungsikan, jalan poros sekitaran jembatan Kasubi menuju terminal Tambuli harus diperbaiki dulu.

“Saya yakin angkutan yang dari Pakuli  enggan masuk, sebab jalannya masih rusak, mereka menghindari lubang yang satu dapat lubang yang lain,” ujar Rum.(metrosulwesi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: