Warga Batusuya Serbu Polda Sulteng, Minta Kelompok LSM Diusir

PALU – Ratusan warga dari Desa Batusuya, Kecamatan Sindue Tomata, Kabupaten Donggala mendatangi Markas Polda Sulteng di Jalan Sam Ratuangi Palu, Senin (25/5/2015). Kedatangan mereka menggunakan puluhan kendaraan roda empat itu untuk meminta kepada aparat keamanan agar mengusir kelompok Lembaga Swaaya Masyarakat (LSM) yang menurutnya menghasut warga setempat.

“Kami masyarakat Batusuya merasa sangat terganggu dengan manuver-manuver yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan warga Batusuya. Mereka sengaja menebarkan kebencian di masyarakat yang mengarah pada terjadinya perpecahan dan kebencian kepada pemerintah. Karena itu kami datang untuk meminta agar mereka atau kelompok yang mengatasnamakan warga Batusuya itu ditangkap dan diadili,” kata Abdul Rauf, koordinator lapangan pada aksi itu.

“Usir mereka” teriaknya lagi diikuti oleh yel-yel massa aksi.

Disebutkan, banyak manuver yang dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan warga atau LSM itu seperti berdemo di Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, seolah-olah katanya disuarakan mewakili warga Batusuya. “Kami inilah warga yang benar-benar warga Batusuya, yang kemarin itu cuma mengaku-mengaku orang Batusuya, tapi sesungguhnya kami semua yang hadir ini adalah orang Batusuya semua, boleh ditanya satu per satu,” ujarnya mencoba meyakinkan.

Meski banyak menuding soal kelompok LSM itu, sayang sekali dalam aksi itu tidak disebut secara eksplisit kelompok LSM yang dimaksud.BP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: