Antisipasi Terorisme di Sail Tomini, 1.209 Polisi Disiagakan

PALU, KABAR SELEBES – Pelaksanaan puncak Sail Tomini, September 2015 di Desa Kayubura Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menjadi perhatian aparat keamanan, khususnya kepolisian. Masalah terorisme, salah satu yang menjadi perhatian. Untuk pengamanan selama event nasional itu berlangsung, sebanyak 1.209 personil polisi dilibatkan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Panitia Sail Tomini, Selasa (26/05/2015) di Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Rapat koordinasi dipimpin Ketua Harian Panitia Daerah H Amdjad Lawasa.

Perwakilan dari Biro Operasi Polda Sulawesi Tengah memaparkan untuk pengamanan tamu dan tempat kegiatan, tiga sumber kekuatan personil yakni Polda Sulawesi Tengah menyiapkan 669 personil, Polres Parigi Moutong menyiapkan 370 personil dan polres penyangga sebanyak 170 personil.

Personil yang disiapkan Polda Sulawesi Tengah itu mencakup pengawalan tamu VVIP, VIP dari Palu sampai ke tempat kegiatan, pengamanan tempat kegiatan selama kegiatan berlangsung.

“Pengamanan akan dilakukan dua cara yakni secara terbuka (berpakaian dinas) dan tertutup. Untuk anggarannya melalui Mabes Polri,” kata utusan Biro Operasi Polda.

Ketua Harian Panitia Amdjad Lawasa merespon paparan yang disampaikan pihak Polda Sulawesi Tengah. Begitu rinci dan lengkap.

Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah Menteri serta 34 gubenur dijadwalkan akan menghadiri puncak pelaksanaan Sail Tomini nantinya(kabarselebes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: