TNLL Rekrut 35 warga Jaga Kawasan Taman

Palu-Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) hingga kini telah merekrut sebanyak 35 warga yang bersala dari sejumlah desa di kabupaten Konservasi Sigi dan Poso untuk ikut menjaga kawasan Taman Nasional itu dari berbagai gangguan.
”Semua yang kami rekrut berada di desa-desa sekitar kawasan yang selama ini sering terjadi berbagai kasus perambahan dan pencurian hasil hutan baik flora dan fauna yang dilindungi”kata Kepala Bidang Teknis Konservasi TNLL Ahmad Yani di palu.rabu.(20/5/15)
Tenaga yang direkrut dari masyarakat dari masyarakat lokal itu akan membantu petugas polhut TNLL yang ditempatkan di sejumlah resotr di kawaan Taman Nasional di Kabupaten Poso DAan sigi.
Yani menjelaskan tugas pokok mitra Polhut tersebut adalah melakukan patroli rutin dan berkala bersama petugas polhut yang akan di setiap resort.
Jumlah resort di kawasan Taman Nasional hingga kini ada 12 dengan enam seksi dan tiga bidang.
Selain itu,mereka juga bisa membantu melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat.”katanya.
“Dalam SK yang mereka kantongi telah diatur mengenai tugas dan tanggung jawab serta kewenangan mereka dalam melaksanakan kegiatan dilapangan.
Yani juga mengatakan bahwa mitra Polhut bisa juga menangkap para oknum masyarakat atau aparat,termasuk petugas polhut yang melakukan pelanggaran.
Misalkan petugas bersama-sama oknum masyarakat membuka kebun,mencuri hasil hutan dalam kawasan.
‘Jadi mereka diharapkan ikut pula mengawasi tindakan para petugas polhut dilapangan dan melaporkan segera kepada kami.”katanya.
Selain diberikan SK ,juga ada insentif atau honor.Mereka juga mendapat honor dari Balai Besar TNLL.
Mulai 2015 insentifnya akan naik sekitar Ro 400/bulan.”Ya cukup untuk memenuhi kebuuthan mereka dilapangan,”ujar Yani.(antarasulteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: