500 Rumah di Pinggir Danau Poso Terendam

Korban Banjir Mulai Dapat Bantuan

BANTUAN - Suasana penyerahan bantuan PT Bukaka untuk korban banjir sejumlah desa di sekitar Danau Poso. (Foto : Ryan Darmawan) - See more at: http://www.metrosulawesi.com/article/500-rumah-di-pinggir-danau-poso-terendam

BANTUAN – Suasana penyerahan bantuan PT Bukaka untuk korban banjir sejumlah desa di sekitar Danau Poso. (Foto : Ryan Darmawan) – See more at: http://www.metrosulawesi.com/article/500-rumah-di-pinggir-danau-poso-terendam

Poso – Korban banjir akibat meluapnya Danau Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), mendapat bantuan makanan dari pemerintah setempat dan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) group PT Bukaka.

Bantuan langsung disalurkan kepada para korban banjir di enam desa di Kecamatan Pamona Utara. Bantuan berupa sembako diberikan kepada 500 kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir.

Menurut Humas PLTA Poso, Aslori, bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap para korban banjir.

“Yang jelas ini bentuk kepedulian dari manajemen kami terhadap warga yang terkena dampak banjir,” katanya di sela-sela menyerahkan bantuan ke korban banjir di Desa Tonusu, Kamis (14/5).

Banjir akibat meluapnya Danau Poso melanda enam desa di dua kecamatan. Hingga memasuki hari keenam belum menunjukkan tanda-tanda banjir itu akan surut.

Warga yang rumahnya terendam banjir setinggi lutut orang dewasa hingga satu meter itu memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka yang aman dari banjir.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Masdian Mantiri, menjelaskan banjir akibat meluapnya Danau Poso merupakan siklus yang terjadi setiap 12 tahun, namun tahun ini banjir lebih besar dan lama.

“Bencana banjir di wilayah Pamona merupakan banjir tahunan yang sering terjadi, terakhir terjadi tahun 2012. Warga yang berada di pinggir Danau Poso sudah siap menghadapi banjir dari luapan Danau Poso tiba,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari data BPBD Kabupaten Poso, akibat luapan air Danau Poso yang mengakibatkan banjir, sejauh ini sudah ada 500 rumah warga yang ada di enam desa di wilayah Kecamatan Pamona terendam banjir.

Ratusan warga yang terkena banjir masih mengungsi ke rumah tetangga yang jauh dari lokasi Danau Poso. Warga dan Pemda Poso hingga saat ini belum bisa memastikan sampai kapan kondisi air akan surut.

Banjir itu melanda enam desa yang terdapat di Kecamatan Pamona Puselemba, Kecamatan Pamona Selatan dan Kecamatan Pamona Barat.(metrosulawesi.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: