PT SJA Gelar Pelatihan Petani Sawit

Poso – Sebanyak 60 petani sawit di Kecamatan Pamona Timur dan Kecamatan Pamona Tenggara, Sulawesi Tengah, mengikuti pelatihan pengelolahan kelapa sawit, Kamis lalu.

Kegiatan yang digelar oleh perusahaan PT Sawit Jaya Abadi (SJA) di Desa Matuelemba, Kecamatan Pamona Timur, ini bertujuan meningkatkan wawasan dan keterampilan petani sawit di wilayah Kecamatan Pamona.

Pelatihan petani sawit yang digelar PT SJA tersebut menghadirkan pemateri seorang petani sawit sukses dari Mamuju, Sulawesi Selatan, Agus Sofyan, yang telah sukses sebelum berpindah dengan profesinya sebagai petani sawit.

Dalam kegiatan ini sejumlah petani melakukan sesi tanya jawab terkait proses pengelolahan sawit. Kegiatan ini juga dihadiri pemerintah setempat dan pihak kepolisian.

Dalam pemaparan materinya, Agus menyampaikan perkebunan kelapa sawit di Sulawesi Tengah masih kurang diminati petani yang mau menanam atau mengelolah kelapa sawit. Bahkan sebagian petani di Pamona belum tahu jika penghasilan kelapa sawit mencapai enam hingga tujuh juta perbulannya.

“Jadi karena antimo masyarakat di sini kurang, sehingga perusahaan mendatangkan kami untuk memberi semangat kepada petani di sini,” ujarnya.

Menurutnya, pengelolahan kelapa sawit dikerjakan dengan proses pembersihan serta merawat dan melakukan proses pupuk dengan baik, akan mendapat penghasilan yang besar.
Ia juga mengatakan, jika dilihat dari proses penanaman sawit sangat mudah dan lebih gampang dibandingkan penghasilan tanaman coklat yang mengalami jangka panjang untuk mendapatkan hasil.

Sementara itu, kepala proyek PT SJA Ketut Budi Astawa, mengatakan kegiatan pelatihan petani sawit merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) agar masyarakat dan petani sawit bisa memperkaya diri, serta merasakan kesejahteraan dengan adanya kelapa sawit di wilayah Pamona.

“Yang jelas, tujuannya sesuai dengan program CSR PT SJA. Jadi kita mengharapkan agar masyarakat dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dengan komoditi sawit ini,” jelasnya.(metrosulawesi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: