Diskriminatif, Sojol Belum Sepenuhnya Nikmati Listrik

DONGGALA – Kecamatan Sojol Kab. Donggala merupakan salah satu daerah penghasil beras dan hasil pertanian lainnya di Sulawesi Tengah. Tetapi hingga kini warga masyarakat di daerah ini sama sekali belum menikmati sepenuhnya sarana penerangan listrik.
Di daerah tersebut, layanan listrik hanya dinikmati mulai pukup 18.00 hingga 00.00 Wita. Praktis hanya 6 jam rakyat Sojol menikmati penerangan. Setelah itu gelap gulita. Pagi sampai sore hari juga seperti itu. Malah di beberap desa, termasuk Desa Bou dan Pesik sama sekali belum menikmati sarana penerangan listrik.
Fakta ini sangat ironis. Sebab tidak semestinya pemerintah daerah melakukan pembiaran terhadap apa yang dialami oleh warga di Kec. Sojol. Padahal upaya perjuangan yang mereka lakukan untuk mendesak pemerintah daerah kabupaten dan provinsi agar hak mereka dipenuhi sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Namun tetap saja respon yang sama diberikan, “akan diupayakan”.
Entah dari pihak pemerintah daerah, pun juga dari pihak PLN. Tidak sepantasnya “harga minimnya” pemenuhan hak layanan penerangan listrik seperti itu diberikan kepada mereka. Tidak sebanding dengan dedikasi dan kontribusi yang mereka berikan kepada negara.
Produksi padi, cengkeh, coklat dan komuditi pertanian lainnya dihasilkan dari Kec. Sojol. Daerah kaya komoditi pertanian, warganya dipaksa hidup dari layanan penerangan seadanya.
Muh. Masykur M, Anggota DPRD Prov Sulteng menegaskan, apa yang dialami oleh warga masyarakat Sojol tidak ubahnya sebagai bentuk ketidakseriusan pemerintah daerah untuk memenuhi hak warga akan layanan sarana penerangan listrik.
Oleh karenanya, kita berharap secepatnya ada respon kongkrit pemerintah daerah dan pihak PLN terkait soal tersebut. Interkoneksi jaringan listrik sampai ke Kec. Sojol. Dengan demikian, akan banyak manfaat yang kelak dihasilkan jika di daerah tersebut terlayani listrik sama seperti wilayah lainnya di Sulteng.
Selain itu, aktifitas sosial dan ekonomi warga menjadi lebih produktif. Dan yang terpenting adalah aktifitas belajar mengajar siswa menjadi lebih baik(bp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: