anau Poso Masih Meluap, 30 KK Mengungsi

POSO – Sedikitnya 30 Kepala Keluarga (KK) mengungsi ke desa tetangga terdekat akibat meluapnya Danau Poso sejak Sabtu (9/5/2015) lalu. Ke-30 KK itu berasal dari Desa Taipa di Kecamatan Pamona Selatan, yang merupakan terparah menerima dampak luapan air danau tersebut.

Selain desa tersebut, beberapa desa lainnya seperti Desa Bancea dan Desa Takilo Kecamatan Pamona Selatan, serta Desa Tonusu dan Desa Leboni Kecamatan Pamona Pusalemba masih terendam karena hingga saat ini air belum juga surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Masdian Mentiri mengatakan, selagi hujan masih turun, maka air akan tetap merendam rumah warga, karena air danau yang mengalir ke sungai Poso juga tertahan akibat laut pasang. Justeru yang terjadi katanya malah air laut itu yang masuk ke sungai Poso.

Ketinggian air di desa-desa sekitar Danau Poso disebutkan berkisar antara 50 cm sampai 150 cm. Rendaman air tertinggi adalah pada daerah di dekat bibir danau dan itu mencakup ratusan rumah.

Pihak BPBD Poso menempatkan pos jaga di kawasan itu untuk melakukan tindakan rescue sekaligus memonitor perkembangan di lapangan.

Soal bantuan, pihaknya juga sudah menyalurkannya terutama bahan pangan, obat-obatan dan selimut. (bp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: