Komguspurla Koarmatim TNI AL Tinjau Lokasi Sail Tomini

TOJO UNAUNA – TNI Angkatan Laut dari Armada Timur (Armatim) dipimpin langsung Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komandao Armada Timur (Koarmatim), Laksamana Pertama TNI ING Ariawan, S.E. meninjau lokasi pelaksanaan Sail Tomini yang rencananya digelar pada 19 September 2015 mendatang.

Kasubag Protokoler Pemkab Touna, Yusrin Baginda mengatakan, rombongan TNI AL sebanyak 90 orang itu untuk melihat persiapan Sail Tomini yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Yusrin menjelaskan, rombongan tersebut tiba di Bandara Tanjung Api menggunakan pesawat TNI AL dan langsung menuju pelabuhan laut Mantangisi di Kecamatan Ampana Tete.

“Pelabuhan laut ini nantinya akan digunakan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal TNI AL,” ungkapnya. Usai melihat pelabuhan itu, tim tersebut berangkat menuju Kepulauan Togean, imbuhnya.

Dikatakan, setidaknya ada 100 kapal TNI AL yang dilibatkan dalam acara internasional tersebut, termasuk beberapa kapal dari luar negeri. Presiden sendiri akan diinapkan di Pulau Bolilanga dan Pangempa, sebutnya.

Ia mengatakan, untuk home stay, Pemkab Touna juga sudah menyiapkannya.(BP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: